Present Tense

Kita Sudah Pernah Belajar Apa Saja Sih? Yuk Cek Daftar Ini!

Sudah setahun lebih blog ini aktif dan kita sama-sama belajar Bahasa Inggris di sini. Iya, kita belajar bersama di sini. Kami juga sedang belajar Bahasa Inggris, bahasa yang sudah menjadi alat komunikasi universal ini. 😀

Banyak loh ternyata yang sudah kita pelajari dari postingan-postingan yang sudah kami publikasikan di blog ini. Tapi ingat, kuncinya tetap jaga kesederhanaan dalam praktek penggunaan Bahasa Inggrisnya. Oiya, jangan lupa untuk ikutan nulis challenge yang terakhir tentang Simple Thingsnya ya.

Semua postingannya bisa dilihat di kategori English Essentials. Coba deh buka apa saja yang pernah kita pelajari di sini dari kategori tersebut.

Tapi, saya akan tetap bikin daftar apa saja sih yang sudah kita pelajari bersama di sini. Hehehe. 😀

  1. Possessive Adjective and Pronoun

    Image dari blog Mbak Yo (http://chezlorraine.wordpress.com)

    Bagaimana kita bisa mengekspresikan kepemilikan. Mau bilang “Blog ini punya saya”, “Buku ini punya dia” dan sebagainya. Mau baca lebih lengkap? Coba buka postingan Possessive Adjective and Possessive Pronoun.

  2. Bingung Bagaimana Menggunakan In, On dan At?

    Source: here

    Source: here

    Masih pada bingung gak sih kapan harus pakai in, kapan pakai on dan kapan pakai at?

    Kayak mau bilang:
    “I write that blog post in my home on 1 December 2016 at 4.00 am.” 

    Ingin tahu contoh yang saya berikan di atas sudah benar atau belum? Yuk dicek postingan How to use In, On and At.

  3. Bagaimana menggunakan Do, Does, To-Be, Have, Has (dan Auxiliary Verb) Dalam Kalimat?

    Source here

    Source here

    She writes her blog post while talking to her reader persona. I have been blogging since 2009. Riyan is composing his first ebook.
    Jadi bagaimana, masih pusing nggak untuk menggunakan do, does, is, am, are, have atau has sebelum kata kerja? Kalau masih bingung, coba baca postingan tentang Auxiliary Verb.

  4. Penggunaan Present Tense dan juga Kata Depan (Prepositions)

    Present Tense

    Simple Tenses Part 1 – Present Tense

    Topik kali ini sudah mulai menggabungkan nih antara topik auxiliary verb (tapi spesifik untuk simple present tense) dengan preposition yang in, on dan at tadi. Sebenernya di contohnya tadi sudah dipakai sih.

    Misalkan ingin tahu bagaimana mengatakan: “Saya menulis postingan blog dirumah jam 5 pagi” coba baca postingan Present Tense and Prepositions ini.

=====

Bagaimana? Banyak ya ternyata yang sudah kita pelajari bareng? Dan ini belum semua loh!

Tapi percaya deh, kami tulis postingannya dengan sangat sederhana tanpa teori-teori yang njelimet kok. Hihihi. Kenapa kok postingan kami ini sederhana banget? Karena kami juga sedang belajar. Jadi kami selalu mencari cara paling sederhana untuk bisa memahaminya dan bagaimana bisa membantu teman-teman memahami juga.

Baru 5 topik dulu yang kami buat daftarnya di sini. Silahkan ubek-ubek blognya kalau membutuhkan yang lain ya teman-teman. Dan ingat, kami selalu ada di sini barangkali ada yang mau ditanyakan 😀

Yuk belajar Bahasa Inggris bareng! 😀

8 thoughts on “Kita Sudah Pernah Belajar Apa Saja Sih? Yuk Cek Daftar Ini!

  1. kutukamus says:

    Halo Mas/Mbak Min. Baru saja cek ‘English Essentials’ (sambil numpang menggonggong di artikel ‘gerund’). Mau usul, kalau sesekali artikelnya tentang TWO-WORD VERBS kira-kira gimana ya? Yang umum-umum saja dulu seperti:

    to look at
    to look after
    to look over

    Look out!
    Watch out!

    Dan setelah beberapa kali, mungkin bisa ditambah THREE-WORD VERBS seperti:

    to look up to
    to get along with
    to stay away from

    Pengenalan terhadap kata-kata (yang lebih merupakan bentuk ‘ungkapan umum’) ini sepertinya akan sangat membantu dalam memahami konteks dari sebuah teks—utamanya mungkin yang ditulis oleh ‘orang sono’ (yang biasanya deras dengan kata-kata jenis ini).

    Sukses selalu BEC!

    Liked by 2 people

Leave a comment