KISS – Keep It Simple, Sweetheart

Halo-halo teman-teman. Sudah lama sekali blog ini hiatus karena ini itu dan sebagainya. Pasti banyak banget alasan yang bisa dimunculkan dari kepala. Tapi kami tidak berniat untuk memberikan alasan itu kok.

Ternyata kangen juga untuk update di sini dan belajar bareng teman-teman.

Keep it simple, Sweetheart

Keep it simple, Sweetheart


Kenapa ide tentang KISS ini muncul? Karena beberapa waktu lalu saya sendiri membaca buku lama berjudul How Starbucks Saved My Life dan ada filosofi KISS yang dibahas di sana. Filosofi yang dipakai oleh orang-orang dunia periklanan ketika melakukan presentasi.

Baca juga cara belajar Bahasa Inggris melalui membaca buku.

Kemudian saya sendiri teringat KISS ini waktu Om Riyan, Om Andik dan Bu Vita membahas mengenai postingan apa sebaiknya yang kita tulis setelah sekian lama. Apa ya yang kira-kira ringan buat dibahas buat awal setelah lama tidak update. Kenapa gak bahas KISS aja?

Keep It Simple Sweetheart (KISS) Ketika Belajar Bahasa Inggris

Lebih Sederhana Lebih Baik

Satu prinsip yang saya pegang setelah BEC jalan waktu menulis dalam Bahasa Inggris yang merupakan ajaran dari semua mentor tercinta adalah:

Buat kalimat sesederhana mungkin untuk bisa dimengerti dan menghindari kesalahan.

Satu saran yang sangat-sangat berguna untuk meningkatkan clarity dalam kalimat-kalimat yang saya buat. Yes, sehari-hari dalam pekerjaan, saya harus membuat credit memo untuk mendapatkan approval dalam Bahasa Inggris! Dan dengan kalimat yang lebih sederhana, saya bisa menyampaikan credit proposal dengan lebih efektif.

Memang di Bahasa Inggris sendiri terdapat kalimat majemuk setara dan sebagainya yang akan bagus apabila dipergunakan secara tepat, tapi kalau salah pakai dan berantakan, maksud yang mau kita sampaiakan akan sulit ditangkap juga. Seperti misalnya saya mau bilang:

“Saya baru saja membeli puding dengan saus mangga yang enak sekali”

Kalau mau dijadikan satu kalimat saya akan mengatakan:

“I just bought a pudding which has mango sauce that very delicious”

Saya sendiri tidak yakin kalimat itu benar atau salah. 😀 Tapi saya juga bisa mengatakan:

“I just bought a pudding, it has very delicious mango sauce.”

Jadi, saya sendiri merasa tidak perlu memaksakan diri. Kalau memang bisa diungkapkan dengan lebih sederhana kenapa tidak? Clarity dari apa yang saya sampaikan pun lebih terlihat. Maksud yang mau saya sampaikan adalah saus mangga dari puddingnya sangat enak.

Jangan Terjemahkan Langsung dari Bahasa Indonesia

Wanti-wanti nasihat lain dari para mentor tercinta adalah:

“Jangan pernah terjemahkan langsung dari Bahasa Indonesia”

Baca juga postingan tentang tiga hal sederhana untuk mengakrabkan diri dengan Bahasa Inggris.

Kenapa kok tidak boleh langsung menerjemahkan langsung dari Bahasa Indonesia? Karena struktur dari Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris berbeda. Langsung menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris terkadang akan membuat kalimat hasil terjemahan menjadi aneh.

Saran yang paling saya ingat adalah mencoba menerjemahkan maksud kalimat  yang ingin saya sampaikan dengan sederhana menggunakan kaedah grammar yang mudah. Mungkin tidak berhubungan 100% tapi tulisan Mbak Yo tentang ejaaan ini bisa jadi tambahan pengetahuan yang bagus. 

KISS dengan Stupid instead of Sweetheart

Ya, KISS yang dimaksud di postingan ini sebenarnya merupakan kependekan dari Keep It Simple, Stupid. Cuma saya takut banyak yang akan tersinggung (merasa) dipanggil Stupid. 

Sementara kalau saya sendiri lebih memilih menggunakan versi aslinya dibandingkan menggunakan Sweetheart. Kenapa? Karena sesungguhnya lah saya orang yang bodoh. I really am stupid. 

Begitu banyak hal yang saya tidak tahu dan masih harus saya pelajari. Dengan begitu akan terus  mengingatkan saya untuk selalu menggunakan format sederhana. “Just keep it simple, stupid.” adalah yang selalu saya katakan ke diri sendiri.

Jadi, untuk lebih mudah belajar Bahasa Inggris ingatlah selalu untuk menggunakan pola kalimat yang sederhana. Keep it simple, sweetheart. ☺️

 

4 thoughts on “KISS – Keep It Simple, Sweetheart

Leave a Reply

