EF #16.5: The Great Solar Eclipse

Twinkle, twinkle, little star
How I wonder what you are
Up above the world so high
Like a diamond in the sky
Twinkle, twinkle little star
How I wonder what you are

Bintang kadang bisa kecil. Tapi ada juga yang besar. Bintang terbesar yang paling utama dalam kehidupan manusia adalah matahari, dan baru-baru ini, matahari yang biasa bersinar terang di langit itu sedikit terganggu karena ulah sang bulan…

Ya! 9 Maret 2016 kemarin menjadikan Indonesia terkenal di seluruh dunia karena negeri ini, hampir seluruhnya dari barat ke timur, merupakan perlintasan gerhana matahari total pertama setelah 11 Juni 1983! Tak kurang dari tujuh provinsi sempat gelap gulita sebagian daerahnya gara-gara bulan dengan anggunnya menyerobot jalur sinar si raja siang. Yang keren, Indonesia adalah satu-satunya negara yang daratan yang dilewati gerhana matahari total ini! Kurang hebat apa?

image

Nah, untuk tantangan minggu ini, yuk berbagi tentang bagaimana 9 Maret 2016 di daerah tempat tinggal teman-teman, khususnya dengan fenomena gerhana matahari total yang terjadi kemarin. Mungkin di tempat teman-teman mataharinya tertutup sempurna? Atau mungkin cuma sebagian? Atau malah tidak tertutup sama sekali karena teman-teman tinggal di daerah yang tidak dilalui cahaya gelap bulan?

Terus kami juga ingin tahu bagaimana antusiasme teman-teman tentang gerhana matahari kemarin. Misalnya, ada yang sampai rela pakai foto rontgen buat melihat gerhana matahari (dengan risiko bagian dalam tubuh terekspos semua :hehe). Atau ada yang pakai cara klasik seperti tahun 1983 (buat yang pernah menyaksikan gerhana sebelum ini pasti tahu caranya seperti apa). Yuk berbagi! Konyol tak masalah, kita bisa tertawa sama-sama!

Dan untuk yang masih kehabisan ide buat challenge kali ini *cough, moi* (contohnya saya yang dari dulu berjanji buat ikutan challenge lagi tapi masih selalu tertunda :haha), ternyata gerhana matahari kemarin bisa lho dieksplorasi dari segi pariwisatanya! Sebagaimana diketahui, event kemarin hanya bisa disaksikan di Indonesia, jadi tentu banyak banget wisatawan/peneliti asing yang bela-belain datang ke Indonesia hanya untuk melihat fenomena alam ini. Apa di tempat teman-teman euforianya juga berasa seperti itu? Bisa juga lho dibagikan bersama kami!

Wah, rasanya banyak banget postingan yang bisa dibuat dari satu fenomena alam langka! Tapi agar tak berpanjang, kami membatasi postingan seperti biasa, maksimal 700 kata saja. Seperti biasa, satu postingan beruntung akan mendapat kehormatan untuk di-review oleh salah satu (atau beberapa) mentor jadi stay tuned on your e-mail as one notification may arrive! Oya, seperti biasanya, selesai tulis post, isikan linknya di tombol inlikz di bawah ini untuk ajang blogwalking ya 😉 .

Jadi bagaimana gerhana matahari total kemarin di kotamu?

8 thoughts on “EF #16.5: The Great Solar Eclipse

  1. taritari1412 says:

    I want to give suggestion.. how if in every challange to write, bec give it in english.. so beside of learning to write in english, we can also learning to read and understand the challange or maybe we can get some new vocabulary from it.. it is just a suggestion…

    Liked by 1 person

    • BEC says:

      Thank you for your suggestion 🙂
      Sometimes it depends on the mood of the admin :p whether the post is written in English or Bahasa Indonesia. Some of our past challenges were written in English.

      Liked by 2 people

Leave a comment