Kenapa Baca Buku Berbahasa Inggris?

Buat teman-teman yang masih berpikiran: “Belajar Bahasa Inggris yang bener dulu deh baru ntar baca buku Bahasa Inggrisnya.”

Salah satu metode paling ampuh buat belajar Bahasa Inggris adalah dengan MEMBACA buku-buku berbahasa Inggris. Dengan membaca kita akan langsung berhadapan dengan pengaplikasian grammar, pemilihan kata dan bagaimana maksud sebuah cerita disampaikan.

Jadi masih mau nunda baca buku berbahasa Inggris?

Arip Blog

black pink

Saya enggak pernah ikutan kursus, hanya belajar otodidak lewat baca manga dan nonton video (biasanya varshow Korea) dengan subtittle Bahasa Inggris. Lebih jauh, sejak mengenal komputer dan video game saat masih bocah dulu, saya berpikir kalau belajar Bahasa Inggris itu suatu keniscayaan. Untungnya iya. Jujur, saya pun sebenarnya enggak jago-jago amat, tapi kalau boleh songong, TOEFL bisalah di atas 500.

Dimulai dengan Metamorphosis-nya Franz Kafka dan The Book of Laughter and Forgetting-nya Milan Kundera, novella serta kumpulan cerpen hasil pinjaman dari Kineruku, dan keduanya hanya selesai kebaca setengah jalan, sejak setahun lalu, saya sudah membabat beragam buku berbahasa Inggris. Kebanyakan novel, kumcer, dan kumpulan esai. Baru berhasil mengkhatamkan Dubliners-nya James Joyce, itupun dengan terseok-seok, dan banyak enggak ngertinya karena bahasa Inggris-nya British banget (atau Irlandia?). Akhirnya mulai menikmati pas nyelesain novel Hard-Boiled Wonderland and the End of the World-nya Haruki Murakami. Untuk tips, membaca novel Inggrisโ€ฆ

View original post 327 more words

Advertisements

6 thoughts on “Kenapa Baca Buku Berbahasa Inggris?

  1. Binibule.com [Tjetje] says:

    Wah wah kamu hebat baca The Dubliner. Aku baca itu aja nggak tamat2. Parah bahasa English Irishnya. Btw ada lagi buku James Joyce yang lain, Ulysses. Bahkan ada Special daynya lho, Blooms Day namanya dan tahun ini aku udah beli tiketnya, pas hari H lupa #Curhat.

    Setuju Dani, emang harus diniatkan baca. Aku juga rajib garis bawahi kata2 atau idioms di buku yang aku baca.

    Like

  2. fee says:

    Bacaan2nya berat :)) ….ya bagi yg suka baca buku memang itu keuntungannya. Tapi mmg harus mencari dulu judul yg disukai supaya lbh cepat terserap….

    Like

    • dani says:

      Pas lihat daftar bacaannya si Arip emang warbiyasak beratnya. Tapi kalo emang suka jadi ga kerasa sih memang.
      Selain buku-bukunya Arip kan banyak juga ya yang lain ๐Ÿ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s