kesalahan umum menulis dalam bahasa inggris - infografis lengkap

Infografis: Kesalahan Umum Menulis dalam Bahasa Inggris

Kali ini saya ingin share satu infografis yang saya temukan di grammarcheck. Infografis ini memuat berbagai kesalahan umum menulis dalam Bahasa Inggris yang biasa dilakukan, termasuk oleh Blogger.

Jika saja, orang native dengan bahasa Inggris bisa melakukan kesalahan ini, apalagi kita kan? Tapi, bukan berarti kita boleh bangga ataupun memutuskan untuk tidak belajar menulis bahasa Inggris yang baik dan benar ya.

Kesalahan Umum Menulis dalam Bahasa Inggris – Infografis Lengkap

Simak langsung aja ya infografisnya di bawah ini, apa saja sih yang biasa salah dalam penulisannya?

10 Common Blog Writing Mistakes (Infographic)
Source: www.grammarcheck.net

Perlu dibahas satu-satu gak sih soal kesalahan ini? Dalam infografis itu sendiri juga sudah dijelaskan bagaimana cara mengatasi kesalahan itu.

1. Kesalahan Umum Menulis dalam Bahasa Inggris – KALIMAT

Ada 3 kesalahan yang biasa dilakukan orang terkait menulis kalimat ini. Yaitu:

a. Membuat kalimat yang belum lengkap.

b. Kalimat panjang yang mengandung 2 Subject+verb tanpa kata penghubung

c. Menggunakan koma untuk 2 frase.

2. Kata yang sering salah digunakan

Agak berbeda dengan kata yang sering salah digunakan sebelumnya, dalam hal ini, penulisan kata yang pelafalannya hampir sama ini mengalami kesalahan. Contohnya adalah penggunaan tanda ‘ untuk penggalan.

Misalnya saja There dan They’re. Keduanya kalau dilafalkan hampir mirip kan? Tapi keduanya memiliki makna berbeda. Karena pelafalan yang hampir mirip ini pun, seringkali kita salah dalam menuliskannya. Ada satu kata lainnya yang juga mirip, yaitu “their”.

Tips mengurangi kesalahan menulis dalam bahasa Inggris versi saya adalah: pahami makna dari masing-masing dan ingat-ingat contoh dalam kalimatnya. 

3. Tenses dalam Jenis Tulisan

Saya masih ingat, dalam salah satu English Friday Challenge, saya menulis fiksi. Dan salah satu mentor, Mbak Yo, mengingatkan bahwa kalau kita menuliskan fiksi, biasanya menggunakan past tenses, sama seperti dituliskan di bawah ini:

Past tense is often seen as the “natural” storytelling tense, and it usually makes sense: after all, when we tell a story, we’re relating something that happened in the past, not something that’s ongoing. (sumber: Aliventures).

Dalam menulis pun, kita harus memperhatikan jenis-jenis tenses ini.

4. Penggunaan Koma

Kesalahan umum menulis dalam bahasa Inggris berikutnya adalah penggunaan koma. Ada beberapa aturan dasar dalam penggunaan koma ketika kita menulis, yaitu:

a. Koma digunakan di depan “and”, “or” dan “but”

b. Setelah frase pengenalan, selalu gunakan koma (lihat penulisan ini kan? hehehe)

c. Selalu menggunakan koma saat menuliskan 2 atau lebih adjective yang setara.

d. Gunakan koma untuk memisahkan frase – tapi jangan sampai merubah makna ya.

e. Koma selalu digunakan untuk transitional phrases. Contohnya: Furthermore, he explained the meaning of life.

5. Outline

Kita memang seringkali menulis dan menulis saja. Dan semua kata mengalir begitu saja. Namun, ada baiknya, kita mulai membiasakan diri untuk menulis dengan sebuah kerangka tulisan sebelum benar-benar menuliskannya.

Hal ini akan mengurangi pernyataan ide berulang-ulang yang tidak diperlukan dan juga mengurangi kesalahan menulis lainnya.

6. Nouns & Pronouns

Jujur ya all… kalau yang ini juga salah satu kekurangan saya nih. Sering banget saya salah untuk penulisan dalam bahasa Inggris yang ini. Seperti contoh di infografis di atas:

Each student has their own opinions. 

Ada yang juga sering salah yang sama? Biasanya kalau sudah kayak gini, solusi saya untuk mengurangi kesalahan umum menulis dalam bahasa Inggris ini ya:

a. Baca ulang sebelum klik terbit.

b. Cek menggunakan grammarcheck online.

Untuk pengguna wordpress pun bisa menggunakan tools bawaan untuk spelling check loh.

7. Pasif versus Aktif

Berkali-kali dalam EF Review pun juga sering diingatkan untuk menggunakan lebih menggunakan kalimat aktif dibandingkan kalimat pasif.

8. Penggunaan tanda petik tunggal

Harus mengingat penggunaan tanda petik tunggal dalam penulisan memiliki beberapa aturan juga. Yaitu:

a. Digunakan untuk menggantikan angka atau huruf yang dihilangkan. Misalnya the ’70s (tahun 70-an), I’m (I am), can’t (can not).

b. Terkait tanda kepemilikan, harus memperhatikan juga singular atau plural. Contoh: The dog’s collar (singular) dan the five cats’ home (plural).

9. Selalu Bedakan Menulis dengan Berbicara

Harus diingat kalau kita berbicara dengan orang lain secara verbal itu sifatnya semi formal. Berbeda dengan menulis yang sifatnya formal. Jangan gunakan kata “slang” yang jarang dipahami ketika menulis dalam bahasa Inggris.

Sesuaikan tulisan kita dengan target pembaca kita agar mereka lebih mudah memahaminya.

10. Struktur Kalimat Majemuk yang membingungkan

Dalam beberapa kesempatan, kita mungkin pernah dengan sengaja ataupun tidak membuat kalimat majemuk dalam tulisan. Namun ketika dibaca oleh banyak orang, mereka mengalami kebingungan dalam makna yang ingin disampaikannya itu.

Hal ini juga termasuk kesalahan umum yang sering ditemukan dalam tulisan berbahasa Inggris. Seringkali kalimat majemuk yang dituliskan tidaklah klop dan membuat bingung pembaca.

Tips untuk kesalahan yang ini adalah:

Selalu baca ulang setiap tulisan sebelum diterbitkan. Rubah susunan kalimat yang ada hingga struktur kalimat lebih mudah dicerna.

Contohnya dalam infografis di atas adalah:

After declining for months, Jean tried a new tactic to increase ROI.

Nah… sebenarnya apa sih yang menurun selama berbulan-bulan itu?

Selain 10 Kesalahan Umum Menulis dalam Bahasa Inggris yang saya coba jabarkan di atas, infografis di atas juga memuat beberapa kesalahan umum lainnya. Mungkin dijabarkan di post lainnya ya.

Kesimpulan

Yang namanya kesalahan menulis dalam bahasa Inggris itu wajar kok, apalagi kita memang jarang menggunakannya.

Salah satu cara mengatasi kesalahan itu adalah dengan latihan, latihan dan latihan. Selalu juga cek dan ricek sebelum menerbitkan sebuah tulisan.

Kalau kamu sendiri, pernah mengalami kesalahan yang mana saja? Atau mungkin, ada kesalahan dalam penulisan lain yang pernah kamu alami? Share di komentar yuk…

Advertisements

2 thoughts on “Infografis: Kesalahan Umum Menulis dalam Bahasa Inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s