EF 16.6: Managing Your Online Presence

Halo! Sampai juga kita di tantangan menulis bahasa Inggris yang keenam di tahun ini, alias yang ke-39. Kali ini topik tantangan kita adalah usul dari mentor kita mbak YoHow do you manage your online presence?

online presence 1

Google Search: Online Presence

Kalau saya terjemahkan, kira-kira online presence ini berarti keberadaan kita di dunia maya (teman-teman boleh lho usul terjemahan yang lebih cocok, hihi..). Awalnya saya pikir ini terkait dengan bagaimana cara kita memanage/mengatur waktu dan sarana supaya bisa selalu hadir di dunia maya. Tapi setelah googling sebentar, saya baru sadar bahwa topik managing online presence ini terkait topik yang lebih luas. Salah satunya, terkait eksistensi kita di dunia maya, yang ternyata saat ini menjadi penting lho! Apalagi jika kita memang memiliki kepentingan yang berkaitan erat dengan dunia maya, misalnya jika kita adalah seorang blogger yang bercita-cita menjadi blogger profesional, atau jika kita memiliki usaha/bisnis. Tuh liat kata-kata yang disarankan oleh google di gambar di atas saat saya akan searching, muncul kata-kata seperti importancemanagement, dan builders.

Yang menarik, online presence ini pun bisa memiliki sisi negatif. Lihat gambar berikut, sama-sama dari google search:

online presence 2

Also from Google Search: Online Presence

Ada frasa delete online presence di situ. Bisa jadi, itu terkait dengan yang namanya digital footprint, jejak digital (pasti sudah pernah dengar kan?). Yup, apapun yang pernah kita tulis / posting ke dunia maya, akan meninggalkan jejak di situ, dan tidak dijamin akan hilang walaupun sudah kita hapus. Bagaimana kalau mungkin secara tidak sengaja (atau sengaja?) kita post (atau ada teman/seseorang yang men-“tag” kita) tentang sesuatu yang memalukan / tidak baik, yang kelak mungkin bisa mempengaruhi kehidupan kita? Pikiran ini malah membawa saya ke topik lain yang terkait, yaitu children online presence. Untuk kita-kita yang sering berbagi ke dunia maya segala macam hal tentang anak (anak sendiri / anak orang lain), sudahkan kita berpikir tentang konsekuensi keberadaan mereka di dunia maya kelak?

Wih jadi mikir kemana-mana ni… 😀 . Jadi terus challengenya apa dong nih? Hmmm… ya itu tadi: Managing your online presence. Gimana teman-teman mengatur keberadaan teman-teman di dunia maya. Mau tulis tips untuk bisa tetep eksis di dunia maya, boleh… Mau bagi pengalaman teman-teman terkait pengaturan keberadaan anak di dunia maya, boleh… Bahkan kalo emang ga kepikir sebelumnya, mau tulis “I have never given any thoughts about how I should manage my online presence… until BEC gave me this challenge…” 😀 itu juga boleh :D.

“Eh tapi ini post challengenya kok pake bahasa Indonesia.. Jadi ga ada referensi dong kata-kata atau kalimat apa yang bisa kami pake…”. Tenang… dari hasil googling kemarin, ini beberapa link yang cukup menarik, teman-teman bisa baca ini untuk dapat dua keuntungan sekaligus: (1) Bisa dapat ilmu terkait managing online presence; dan (2) Bisa dapat referensi terkait bagaimana penulisan bahasa Inggrisnya. Ini dia:

  1. 7 best practices for building an online presence: Cocok banget untuk teman-teman blogger, terutama yang ingin kegiatan bloggingnya jadi lebih profesional.
  2. Managing your online presence: Artikel ini juga membahas sisi negatif online presence yang sempat saya singgung tadi.
  3. Bonus 😀 : Oversharing isn’t caring: Consider this before posting about your kids online: tulisan mbak Yo terkait oversharing parents.

Naaaah, udah ada bayangan kan mau tulis apa? Yuk yuk yuk segera ditulis, kalo udah boleh share linknya di twitter sambil mention @blogenglishclub yaaaa… dan tetep, share juga linknya di inlinkz berikut ini ya:

Kami tunggu ya! 😉

Advertisements

6 thoughts on “EF 16.6: Managing Your Online Presence

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s