aturan dasar tentang grammar bahasa inggris

Aturan Dasar Tentang Grammar Yang Perlu Kamu Ketahui

Post kali ini diambil atau lebih tepatnya diterjemahkan dari blog Grammarly. Saya melihat post tersebut bagus banget untuk dipahami kalau kita sedang belajar bahasa Inggris. Aturan Dasar Tentang Grammar (English Grammar Rule Basic) yang harus kita ketahui saat belajar bahasa Inggris. Apa sajakah itu? Mari kita simak bersama.

Aturan Dasar Tentang Grammar yang Perlu Dipahami Kalau Belajar Bahasa inggris

aturan dasar tentang grammar bahasa inggris

Aturan Dasar Tentang Grammar

Nouns

Separuh dari bahasa Inggris terdiri dari Nouns. Ada dua aturan dasar tentang Nouns yang perlu kita pahami, yaitu:

Bentuk Jamak Dari Nouns

Bentuk jamak dari nouns itu sebenarnya gampang diingat, tinggal tambahkan “s” di belakang kata tersebut, kecuali untuk yang diakhiri dengan “y”. Kalau yang seperti ini harus dirubah menjadi “i” dan ditambahkan dengan “es”.

house – houses; balcony – balconies

KapitalISASI

Huruf kapital digunakan untuk yang menunjukkan tempat. Walau ada juga penggunaan yang sudah dianggap lazim untuk digunakan dengan huruf kapital.

I obtained my degree from Atmajaya University

Will Dad allow me to go to the mall?

My dad allows me to go to the mall

Salah satu yang harus diperhatikan dalam kaitannya dengan kapitalisasi ini, sebagaimana sering disebut oleh Mentor setiap review post adalah penulisan i dalam kalimat. Di manapun posisinya di dalam kalimat, “I” harus dengan kapital.

Pronouns

Ketika kita menyebutkan nouns sekali, kita terbiasa mengulanginya lagi dan lagi. Di sinilah pronouns berperan. Menggantikan nouns. Tapi harus diingat bahwa pronouns haruslah:

Sama dalam hal jumlah dan gender dengan nouns yang digantikannya.

Contohnya adalah sebagai berikut:

The nails (plural) are too flimsy for the job – they are too flimsy for the job.

Bobby (masculine, single) doesn’t like coconut – he doesn’t like coconut.

Articles

Ada 3 jenis articles yang biasa dipakai – a, an dan the – untuk specific nouns dan  nonspecific nouns. Jika kita ingin merujuk pada satu benda yang spesific, kita menggunakan “the”, selebihnya menggunakan “a” atau “an”. “An” sendiri digunakan untuk nouns yang diawali dengan huruf vokal atau ‘H’.

A book is on the table.

An hourglass is on the table.

The book is on the table.

Adjectives

Adjectives digunakan untuk menggambarkan nouns. Biasanya mereka terletak di depan nouns dan jika menggunakan beberapa adjectives untuk menggambarkannya, gunakan koma sebagai pemisah. Eh tapi, koma digunakan kalau keduanya menggambarkan nouns dalam dua kondisi yang sederajat. Kalau dua adjectives digunakan untuk menggambarkan satu noun saja, jangan gunakan koma.

The mall carrier wore a bright blue bowtie with his uniform.

The mall carrier fed his dog some pungent, crumbly biscuits.

Adverbs

Adverbs digunakan untuk memodifikasi verbs, adjectives dan adverbs lainnya. Biasanya menggunakan -ly di akhir katanya. Tapi cara lain mengidentifikasi adverbs adalah dengan menggunakan kalimat tanya: “how, where, when”. Contoh: “How did Sally sing? Sally sang well.” Well di sini adalah adverbs.

Aturan dasar: jangan meletakkan adverb di antara kata kerja (verb) yang dijelaskannya dengan objek langsung dari verb tersebut.

Benar gak? “The car turned quickly the corner”.

Jawaban: salah. Seharusnya: “The car quickly turned the corner.” atau “The car turned the corner quickly.”

Verbs

Verbs digunakan untuk menggambarkan aksi atau kegiatan, keadaan ataupun terjadinya sesuatu. Banyak aturan mengenai verbs ini tapi aturan paling utama adalah:

Menggunakannya secara konsisten dalam kalimat.

Jika menggunakan present tenses, selalu gunakan verb dengan present tenses. Jika ingin menggunakan dua atau lebih tenses, selalu jadikan clauses atau menggunakannya dalam kalimat lain.

Betsy arrives home from school, eats a snack and watches her favorite cartoon.

Betsy arrived home from school, ate the snack and watched her favorite cartoon.

Betsy arrived home from school and watched her favorite cartoon. Now, she is eating a snack.

Prepositions

Prepositions digunakan untuk menggambarkan waktu dan tempat. Aturan utama adalah jangan mengakhiri sebuah kalimat dengan sebuah preposition. Tapi dalam prakteknya, aturan tersebut berlaku hanya untuk tulisan formal.

Here is a bag you can keep your things in. (casual)

Here is a bag in which you can keep your things. (formal)

Keduanya benar kok, tapi ya sesuaikan dengan cara penggunaannya ya.

Conjunctions

Digunakan untuk menghubungkan ide, klausa dan bagian dari kalimat. “And” biasa digunakan untuk menggabungkan dua kalimat yang berhubungan. Ketika menghubungkan dua kalimat, jangan lupa bahwa kedua kalimat harus sejajar.

To lose weight, Jack diets, runs marathons, and drinks a lot of water.

Coba bener gak kalimat di atas? Kalau salah, gimana yang benarnya? Tulis di komen ya.

Interjections

Adalah kata-kata yang kita gunakan untuk menggambarkan emosi luar biasa atau menekankan sesuatu. Jika berdiri sendiri, biasanya menggunakan tanda seru, tapi kalau dalam kalimat biasanya menggunakan koma. Aturan utama: Jangan menggunakan interjections tanpa konteks.

Holly smokes!

Holly smokes! I have never seen a pumpkin that color!

Terlihat bedanya kan?

Pusing Kepala Dengan Aturan

Nah… itu kira-kira beberapa aturan dasar dalam grammar bahasa Inggris. Masih banyak yang lainnya lagi loh. Aturan dasar tentang grammar memang banyak dan kadang bikin pusing kepala barbie. Tapi aturan tersebut membuat kita semakin yakin ketika kita menulis dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Catatan: aturan dasar tentang grammar ini disadur ulang dari blog Grammarly. Untuk tulisan asli dalam bahasa Inggris bisa dibaca di sini.

4 thoughts on “Aturan Dasar Tentang Grammar Yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Sastri says:

    Correction untuk yang “My Dad allows me to go to the mall.” (present tense)
    Kalau (past tense) “My Dad allowed me to go to the mall.”
    I’m guessing it was a typo error 🙂
    Sorry I had try to point it out.

    Liked by 2 people

  2. F. H. says:

    “To lose weight, Jack diets, [runs] marathons, and drinks a lot of water.”

    Mau tanya, pada kapitalisasi nomina (Noun), terdapat contoh “Atmajaya University”, dan “Dad” (digunakan dalam kata sapaan). Apakah mereka disebut dengan proper nouns?

    Like

    • BEC says:

      Terima kasih koreksinya, akan kami update ya 🙂

      Mengenai proper noun, setelah baca-baca di google, proper noun adalah “a noun that in its primary application refers to a unique entity, such as London, Jupiter, Sarah, or Microsoft, as distinguished from a common noun, which usually refers to a class of entities (city, planet, person, corporation), or non-unique instances of a specific class (a city, another planet,. . .”
      jadi sepertinya betul mereka adalah proper nouns 😀

      Like

Leave a comment