Review tantangan EF #30: Conditional Clause (bagian 1)

Halo! Nggak terasa sudah waktunya kita membahas post tantangan lagi nih..  Eh tapi sebelumnya, admin mau ngingetin dulu, udah pada ikutan tantangan ke 31? Hihihi, banyak yang bisikin admin, tantangannya agak susah ya? Yaaa sekali-sekali coba menulis yang agak susah yuk, kan no pain no gain  🙄 :mrgreen:

Nah kembali ke post kali ini, hehe..Tantangan 2 minggu lalu adalah EF #30 “Your Plan, Your Regret” yang berkaitan dengan materi Conditional Clause. Sssst…. materi conditional clause ini cukup menantang ya, saya sendiri sebagai admin harus berkali-kali membuka contekan “rumus-rumus”nya ^^’ .

Post terpilih kali ini adalah post mbak Arlisa yang direview oleh mbak Eva. Terima kasih yaaa atas kesediaan untuk direview dan mereview 😉 .

Oya, pertama-tama, kita akan membahas dulu kalimat-kalimat yang mengandung conditional clause *admin nyiapin contekan rumusnya ^^’

* * *

EF#30: Maybe, I would not meet him and them. What if I studied in Architectural Engineering? What would I do for my life?

koreksi: Maybe, I would not have met him and them.

What if I had studied Architecture instead? What would I have done in my life?

(because we’re talking about something that should have happened in the past, therefore we use the third type).

Kalau boleh admin menambahkan: Kalau lihat post conditional clause kita kemarin, tipe 3 ini untuk kondisi yang jelas tidak memungkinkan terjadi. Di sini, penulis blog dulu kuliah di jurusan statistik. Lalu berandai-andai bagaimana seandainya dia dulu kuliah di jurusan arsitek (yang tidak mungkin terjadi, karena “kuliah” yang dibahas di kalimat ini, sudah terjadi di masa lalu).

 

Catatan koreksi ini sama untuk kalimat-kalimat yang lain:

But, sometimes I still imagine what would happen if I persisted to study in Architectural Engineering? My life would be like what?

koreksi: Sometimes I still imagine, what would have happened if I had persisted to study Architecture (instead of what?). What would my life have been?

Maybe I will not meet with my husband who studies in Civil Engineering if I didn’t go to Statistics.

koreksi: I would not have met my husband who was studying Civil Engineering if I had not taken Statistics major / class.

And I would not get all of that if I were against my parents and my teacher that day.

koreksi: I would not have got all of those if I had been against my parents and teacher that day.

* * *

Fyuuh…. *admin cuci muka dulu :mrgreen: Akhirnya jadi lebih paham nih.. Nah, selanjutnya, pembahasan dari segi pilihan kata dan tata bahasa menyusul di post berikutnya ya… Oh ya, kalau ada pertanyaan, koreksi, atau apapun, silakan tinggalkan komentar di bawah ya!

2 thoughts on “Review tantangan EF #30: Conditional Clause (bagian 1)

Leave a comment