Speaking English With Ease

Halo! Sudah ikutan challenge ke 28 kemarin? Sudah baca juga post tidbits dua minggu lalu? Melalui post itu, kita saling mengingatkan untuk berani berbicara dalam bahasa asing tanpa terlalu kuatir akan kesalahan tata bahasa dan lain sebagainya. Kali ini, kami ingin berbagi pengalaman salah seorang teman yang sedang menempuh studi di Australia, yang pada awalnya juga merasa rendah diri dan kurang percaya diri untuk bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris.

“Jika kita takut ditertawakan orang karena bahasa Inggris kita tidak sempurna, maka tertawalah dengan mereka. Jadikan momen yang konon menakutkan ini menjadi menyenangkan. Rayakan kesalahan kita dengan menerimanya dengan besar hati dan lantas belajar darinya. Jika tidak demikian, kapan lagi kita akan belajar?

Mereka toh paham jika ejaan kita tidak sempurna karena bahasa Inggris bukan bahasa pertama kita. Sama halnya jika kita mendapati ada orang asing yang mencoba berbicara Bahasa Indonesia dengan ejaan lucu, apakah kita memandang rendah mereka? Sebaliknya, kita akan memberikan apresiasi kepada mereka, bukan?”

stylific

stylific dosen

Teringat pertama kali saya menginjakkan kaki di Australia dalam rangka S3, ada perasaan ragu-ragu dan kekhawatiran jika saya tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tuntutan akademik yang ada. Komunikasi dengan bahasa Inggris adalah salah satu hal yang menjadi kekhawatiran saya, meskipun nilai IELTS saya sebenarnya tidak buruk-buruk amat, yaitu 7,5.

View original post 1,698 more words

Advertisements

One thought on “Speaking English With Ease

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s