bec-simple-present-tense

[Weekly Topic#3] Simple Present Tense

Halo, apa kabar semuanya?

Sudah cukup lama sepertinya dari postingan terakhir di blog ini (yang juga merupakan postingan tantangan, siapa yang ikutan btw? :D). Tapi jangan khawatir, kami masih di sini meskipun beberapa hal terasa agak susah buat admin BEC kalau ingin membuat kegiatan seperti sebelumnya. Bagaimanapun, kami masih merasa kalau inisiatif ini sayang banget kalau sampai harus hilang begitu saja. Kami berharap dengan masih meneruskan BEC masih banyak yang akan mendapatkan manfaatnya.

Karena itu, kami akan mencoba untuk lebih aktif melalui blog ini terlebih dahulu dan melihat bagaimana perkembangan ke depannya. Kami sangat berterimakasih sudah dan masih bersama kami sampai saat ini. Dari waktu-ke-waktu kami akan berusaha memposting materi dan juga tantangan yang berhubungan dengan materi itu.

Dan sebagai postingan pertama setelah berhibernasi lama, bagaimana kalau kita coba untuk menyegarkan pelajaran yang didapatkan dari mentor kita dahulu tentang Simple Present Tense? Masih pada inget kan ya. 😀

Pola sederhana dari tense ini adalah:

Subject + Verb(s/es) + Object

bec-simple-present-tense

Simple Present Tense

Tujuan

Tujuan penggunaan dari Simple Present Tense ini adalah:

  • Kondisi yang umumnya benar

Kondisi ini merupakan kenyataan-kenyataan yang ada di dunia ini. Misalkan kalau kita ingin bercerita kalau api itu panas, es itu dingin, matahari terbit dari timur dan hal-hal semacam itu.

Misal: Fire is hot, Ice is cold, sun rises in the east.

  • Situasi permanen

Kondisi yang saat berbicara adalah benar dan kemungkinan untuk berubah kecil juga dinyatakan dengan Simple Present Tense ini. Gara bekerja di firma itu, Aeon mall ada di BSD dapat dijadikan sebagai contoh.

Misal: Gara works for that firm, Aeon mall is in BSD City.

  • Kebiasaan

Simple present tense juga digunakan untuk menyatakan kebiasaan. Dia membaca buku setiap malam; Orang itu pegi ke kota setiap dua minggu sekali.

Misal: He reads book every night; She goes to town once in two weeks.

  • Jadwal di Masa Depan

Menyatakan sebuah jadwal di masa depan yang sudah ditetapkan oleh sebuah organisasi dinyatakan juga menggunakan simple present tense ini. Kereta berangkat pukul 11, Film mulai jam 2 siang.

Misal: Train leaves at 11 am, the movie starts at 2.00 pm.

  • Masa depan setelah “until”, “when”, “as soon as”, “after”, dan “before”

Menyatakan sebuah syarat yang harus dipenuhi di masa depan menggunakan simple present tense. Kalimat yang dinyatakan dalam simple present tense ini harus dipenuhi sebelum kondisi yang dijanjikan dilaksanakan. Saya akan memakan ini setelah kamu meminum ramuannya.

Misal: I will eat this after you drink that potion.

Artikel ini menggunakan referensi dari www.perfect-english-grammar.com (http://www.perfect-english-grammar.com/present-simple-use.html). Artikel tentang simple present tense di blog BEC ini pernah juga di posting di sini:

https://englishfriday.wordpress.com/2015/06/10/weekly-topic1-present-tense-and-prepositions/

Kalau ada koreksi, silahkan ya, kami sangat menantikan saran dan kritiknya. Semoga bermanfaat ya 🙂

Advertisements

2 thoughts on “[Weekly Topic#3] Simple Present Tense

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s